Persiapan Dan Kiat Mudah Membuat Lamaran Kerja

Melamar kerja di sebuah perusahaan adalah kegiatan yang cukup menantang. Untuk anda yang baru saja lulusa dari sekolah atau kuliah mungkin masih akan segar di ingatan bagaimana menulis sebuah lamaran pekerjaan yang baik dan benar dengan berbagai variasi dan kreativitas yang bisa di tambahkan. Namun bagi sebagain orang yang telah bekerja lama di suatu tempat dan karena satu atau dua alasan anda bermaksud untuk pindah kerja dan memulai membuat lamaran pekerjaan mungkin anda sudah akan lupa bagaimana membuat sebuah lamaran kerja yang menarik di lihat dan baik.

Tips & Cara Membuat Lamaran Kerja Yang Baik & Benar

Surat lamaran kerja yang baik dan benar tentu adalah hal yang di harapkan baik oleh si pembuat dan penerima. Jika anda membuat sebuah lamaran kerja yang kurang baik maka tentu si penerima surat tersebut akan mempertanyakan surat lamaran yang di buat tersebut dan dari sana bisa di nilai sedikit banyak kepribadian sang pelamar karena surat lamaran kerja akan merepresentasikan kehadiran dan kesediaan si pelamar tanpa bertatap muka. Media yang terbatas ini tentulah harus di gunakan sebaik baiknya agar menarik minat HRD supaya memberikan anda kesempatan untuk tatap muka yang di sebut interview.

Beberapa hal yang perlu anda persiapkan saat melamar kerja adalah dengan mengetahui dengan jelas terlebih dahulu posisi yang di buka untuk di lamar dan cari tahu perusahaan apa yang anda lamar sebisa mungkin sehingga timbul keyakinan dari diri anda sendiri bahwa anda menginginkan pekerjaan tersebut.

  • Setelah itu anda bisa memutuskan untuk menulis surat lamarannya dengan dua cara yaitu di ketik atau di tulis tangan. Metode apapun yang anda pilih tentu tidak masalah, namun di zaman serba digital sekarang ini, jika anda ingin menarik perhatian HRD adalah menulis lamaran anda dalam tulisan tangan dimana rata rata pelamar telah memakai ketikan komputer. Pastikan tulisan tangan anda terbaca dengan jelas.
  • Gunakan bahasa indonesia yang baku dan benar sesaui dengan ejaan yang telah di sempurnakan. Pakai sapaan yang formal seperti bapak atau ibu. Hindari bahasa gaul dan slang yang biasa anda gunakan. Sebuah surat melamar kerja tentu harus bercita rasa formal untuk menunjukkan bahwa anda orang yang bisa diajak serius dalam sebuah pekerjaan.
  • Tujukan surat anda dengan jelas karena jika tidak akan terkesan kurang respek atau hormat. Pastikan nama orang yang menerima surat anda tereja dengan benar dan tidak salah. Tidak lucu kan dari awal anda sudah salah memanggil nama orang dan ini akan menandakan anda kurang insiatif dan berusaha maupun kurang fokus untuk memberikan perhatian subjek penerima surat itu.
  • Anda wajib membaca surat lamaran yang telah selesai anda tulis maupun ketik. Hal ini adalah untuk memastikan tulisan anda telah tepat dan benar. Di semua pekerjaan tentu sangatlah penting untuk memeriksa suatu hal yang sudah di kerjakan. Jika anda lalai melakukan cek atau pemeriksaan atas lamaran yang anda tulis maka hal ini sulit di tolerir oleh personalia. Bagaimana anda akan di berikan pekerjaan dengan tanggung jawab jika surat lamaran yang anda ketik saja sudah salah, belum di kasih kerja saja sudah salah, bagaiaman kalau kerja nanti. Begitulah kira kira pemikiran HRD yang menerima surat lamaran anda yang salah

Untuk format penulisannya sendiri anda bisa melakukan pencarian mesin google untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan selalu ingat tips yang di berikan di atas

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
Persiapan Dan Kiat Mudah Membuat Lamaran Kerja
Author Rating
51star1star1star1star1star

You may also like...